Jumat, 23 Maret 2012

proses tansaksi di pasar tanah abang

    
    Seperti yang kita ketahui pasar tanah abang sebagai salah satu tempat di mana setiap orang bisa berbelanja. Bukan hanya  berbelanja pakaian tapi juga berbagai barang juga tersedia di sana. Tanah abang terkenal sebagai pusat grosir pakaian terbesar di Indonesia. Itu terlihat pada pembeli yang ada di pasar tersebut. Bukan hanya orang-orang dari dalam kota saja. Banyak orang dari berbagai kota berbelanja  di sana. Kebanyakan orang berbelanja untuk di jual kembali di daerah dimana tempat mereka tinggal.

    Proses transaksi hampir tidak pernah berhenti terjadi di pasar tanah abang. Setiap hari pasar itu selalu ramai dengan orang yang berbelanja  berbagai kebutuhan tetapi yang paling banyak orang-orang cari pakaian-pakainan. Sistem pembelian di sana biasanya dengan cara di grosir, bila seseorang membeli dalam jumlah bayak maka harga barang tersebut akan semakin muran tetapi bila seseorang membeli dalam  jumlah sedikit atau satuan harganya tidak jauh berbeda dengan harga-harga yang ada di pasaran.

    Kebanyakan setiap toko di pasar tanah abang memakai cara pembayaran cash atau pembayaran langsung. Cara pembayaran ini dianggap lebih mudah dan efisien untuk waktu, tapi ada beberapa toko memakai cara pembayaran dengan karu kredit mungkin pembayaran lewat kartu kredit memang lebih aman tetapi pembayaran dengan cara tersebut dirasa lebih sulit untuk para pedagang ,karna bila membayar menggunakan kartu kredit pedagang harus berkerja sama dengan bank-bank tertentu untuk transaksinya dan membutuhkan proses yang lumayan memakan waktu  untuk pengambilan dana pembayarannya.

    Banyak jenis pakaian yang di jual di pasar tanah abang dari kaos, celana jeans, jacket, baju muslim, hingga kemeja di jual di sana. Mungkin karna banyaknya pilihan itulah pasar tanah abang menjadi primadona  bagi para penjual-penjual ecera, karna harga yang relatif murah jika membeli dalam jumlah yang  banyak dan dapat di jual kembali dengan keuntungan yang cukup memuaskan. Oleh karna itu lah pasar tanah abang menjadi salah satu sendi perekonomian atau ladang penghasilan untuk banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar