Kamis, 26 Januari 2012

Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan


                      Penduduk, masyarakat, dan kebudayaan, ketiga hal tersebut sangat erat kaitannya dalam pembentukan sebuah Negara dan juga sebagai penentu jati diri suatu bangsa, dikatatan demikian karna sebuah Negara atau bangsa harus memiliki penduduk di dalamnya sedangkan penduduk tersebut pasti akan bermasyarakat satu sama lain dari permasyarakatan tersebut terbentuklah beraneka ragam budaya sehingga membentuk sebuah kepribadian bangsa.

               Dengan demilian penduduk, dalam pengertian luas diartikan sebagai kelompok organisme sejenis yang berkembang biak dalam suatu daerah tetentu. Kelompok organisme disini dapat berupa manusia, hewan bahkan tumbuhan atau semua mahluk hidup yang tinggal di suatu daerah tertentu dinamakan penduduk.

                Adapun masyarakat adalah suatu kesatuan kehidupan sosial manusia yang menempati wilayah tertentu, yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata sosial yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya. perbedaan penduduk dengan masyarakat ialah penduduk hanya sekolompok organisme yang hidup secara berkelompok tetapi belum teratur kehidupan sosialnya sedangkan masyarakat sekelompok manusia yang hidup dalam wilayah tertentu yang kehidupan sosialnya telah diatur oleh pranata sosial yang menjadi tradisi.

               kebudayaan merupakan hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai  semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan selanjutna cipta merupakan kemampuan berpikir kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan (selo sumarjan dan sulaiman..s). contoh dari kebudayaan yang bersifat karya berupa candi, keramik-keramik peninggalan jaman kerajaan masa lalu,dan lain lain. Sedangkan contoh dari kebudayaan yang bersifat rasa berupa norma-norma yang berkembang dan mengatur kehidupan bermasyarakat. Lalu contoh dari kebudayaan yang bersifat cipta berupa pengetahuan-pengetahuan masa kuno yang di kembangkan saat ini.
                                                                                                       
      Menurut para ahli ada tujuh unsur yang meliputi suatu kebudayaan antara lain :
  1. unsur religi
  2. sistem kemasyarakatan
  3. sistem peralatan
  4. sistem mata pencaharian hidup
  5. sistem bahasa
  6. sistem pengetahuan
  7. seni
               unsur-unsur di atas sangat berpengaruh terkadap kebudayaan suatu bangsa, Dan juga menjadi penyebab begitu beraneka ragamnya kebudayaan di bangsa kita. Bangsa kita menjadi memiliki banyak suku bangsa, ras, bahasa, dam lain lain, semua di satukan dengan benika tunggal ika, tetapi tidak bisa di pungkiri pada jaman modern seperti sekarang ini kebudayaan-kebudayaan asing mulai mempengaruhi kebudayaan masyarakat yang telah ada sejak dulu. Berkembangnya teknologi bisa jadi salah satu penyebab mulai merebaknya budaya asing yang sedikit demi sediit menggikis kebudayaan daerah yang mulai di anggap kuno. Di sinilah peran kita sebagai masyarakat untuk bisa mengembangkan budaya asing tanpa menghilangkan budaya terdahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar